SUDAHKAH MENJADI ORANG TUA SHALEH ?

Posted by bikin.jejak On Kamis, 22 Desember 2011 0 komentar

 

Ayo Berbagi Kebaikan. Jika di arti secara bebas mungkin arti orang tua shaleh adalah orang tua yang baik. Baik dalam arti yang luas. Baik dalam bertutur kata kepada anak, baik dalam sikap, baik dalam berkomunikasi, baik dalam menanggapi perilaku anak dan baik dalam membimbing anak.

Kalau ada orang tua baik (shaleh), berarti ada juga orang tua jahat (su’ul). Mungkin memang demikian. Karena kita juga sering mendengar dan melihat banyak perlakuan kejam, keras kepada anak justru dilakukan oleh orangtuanya sendiri. Anak menjadi lampiasan emosial dari orangtua. Anak yang belum banyak mengetahui tentang permasalahan dalam kehidupan ini, harus rela menanggung akibatnya.

Meski kondisi di atas jauh dari kita, selaku kader terbina. Lantas bukan berarti kita telah jadi orangtua yang shaleh. Perlakuan kita kepada anak, tanpa disadari bisa memberikan efek yang luarbiasa pada anak. Kadang kita menganggap bahwa perlakuan kita kepada anak merupakan perlakuan yang wajar, namun anak menangkapnya berbeda. Jika perlakuan ini terus berulang, anak akan memiliki kesimpulan sendiri dan pada akhirnya akan membentuk karakternya.

Ada sebuah kisah di jaman Rasulullah SAW. Saat ini itu Rasul sedang menggendong bayi. Tiba-tiba bayi ini pipis digendongan Rasulullah SAW. Dengan spontanitas, ibu dari bayi ini pun langsung mengambil bayi dari gendongan Rasul SAW. Melihat perlakuan ibu, yang mengambil bayi dengan spontan dan keras. Rasul pun menegurnya dengan berkata, “ pipis bayi ini dapat hilang hanya dengan dibasuh air, tapi perlakuanmu kepadanya akan tetap teringat.”

Bukankah niat dari ibu tersebut baik. Hanya perlakuan yang keliru kepada anak, membuat anak menyimpan memori tentang perlakuan yang diterimanya. Sayangnya perlakuan yang diterima anak adalah perlakuan yang buruk.

Jika demikian, coba di ingat kembali perlakuan apa yang pernah diberikan kepada anak kita, meski dengan niat yang baik.

Dari sedikit uraian di atas, orangtua shaleh terletak pada perlakuan orang tua kepada anak. Ingat apa yang dikatakan oleh Ali bin Abi Thalib r.a, didiklah (persiapkanlah) anak-anakmu untuk jamannya. Inilah konsep pendidikan yang seharusnya diberlakuan oleh para orangtua dalam mendidik anaknya.

Tanamkan sugesti positif melalui perlakuan kita kepadanya. Sehingga anak akan memiliki kekuatan yang positif dan lebih siap untuk menghadapi tantangan sesuai jamannya nanti.

Selamat Menjadi Orangtua Shaleh!

0 komentar:

Posting Komentar